Bidang Kesmas Sukseskan Program PHBS

Bidang Kesmas Sukseskan Program PHBS

CIREBON- Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) terus berupaya untuk menyukseskan program-programnya  di tengah Pandemi. Bidang Kesmas Kabupaten Cirebon melaksanakan sebagian tugas dinas yang meliputi kesehatan keluarga dan gizi, promosi dan pemberdayaan kesehatan, serta kesehatan lingkungan.

Kepada Radar Cirebon, Kepala Bidang Kesmas pada Dinkes Kabupaten Cirebon, Nurpatmawati SFarm Apt MM, menyampaikan, perhatian pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya menyukseskan program kesehatan. Khususnya dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat. Hal itu terkait dengan misi peningkatan sumber daya manusia Kabupaten Cirebon yang cerdas dan sehat.

Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan adalah upaya atau proses untuk menumbuhkan kesadaran kemauan dan kemampuan dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan.

“Dalam rangka pencapaian kemandirian kesehatan, pemberdayaan masyarakat adalah unsur penting yang tidak bisa diabaikan. Pemberdayaan kesehatan di bidang kesehatan merupakan sasaran utama dari kesehatan masyarakat, promosi kesehatan,” ungkap Nur.

Pada kesempatan itu, Kasi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Dinkes Kabupaten Cirebon, H Jajang Prihata SKM MKM menuturkan pemberdayaan masyarakat adalah suatu upaya atau proses untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam mengenali, mengatasi, memelihara, melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti halnya saat ini, pihaknya terus mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 seperti selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kami punya mobile keliling. Setiap hari woro-woro keliling ke masyarakat akan pentingnya mematuhi Prokes pencegahan Covid-19,” kata Jajang.

Menurutnya, gerakan pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya dalam peningkatan kemampuan masyarakat guna mengangkat harkat hidup, martabat dan derajat kesehatan. Peningkatan keberdayaan berarti peningkatan kemampuan dan kemandirian masyarakat agar dapat mengembangkan diri dan memperkuat sumber daya yang dimiliki untuk mencapai kemajuan.

“Gerakan pemberdayaan masyarakat merupakan cara menumbuhkan dan mengembangkan norma yang membuat masyarakat mampu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Strategi ini tepatnya ditujukan pada sasaran primer agar berperan serta secara aktif,” tukasnya.(via/opl).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: